cover
Contact Name
-
Contact Email
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Research and Community Service Institute, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 25031260     EISSN : 25804154     DOI : -
Core Subject : Education,
This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 39, No 1 (2022): April 2022" : 5 Documents clear
Analisis Profil Layanan Terpadu Universitas Negeri Semarang berdasarkan Bahasa dan SOP yang Digunakan pada Masa Pandemi Covid-19 Kurniawan, RM Praptono Putra Dwi; Kumorowati, Bhekti; Rahman, Fuad Ardani
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i1.35060

Abstract

Qualitative analysis is used to determine the ideal integrated service benchmarks during Covid-19 pandemic and how to improve the service. The final part is a SWOT analysis to find the right strategy to improve the integrated service by Customer Service (CS). The study was conducted on 375 respondents consisting of students and employees of Universitas Negeri Semarang who intensively communicated in two directions, namely via email and live chat. The results show that as many as 99% stated that they were satisfied with the integrated service before the face-to-face service was stopped during the covid-19 pandemic. After the COVID-19 pandemic, the satisfaction index decreased by 51% to 48% which was influenced by the emotions of customers from various ages so that the ideal service benchmarks during the pandemic is the use of a simple language easily understood by various generations and a concise and fast Standard Operating System (SOP). The SWOT strategy to improve services given by CS is to diversify the work system by utilizing strengths to overcome threats
Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pada Penggunaan Lego dalam Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i1.35838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengembangkan instrumen penilaian psikomotor pada penggunaan lego dalam pembelajaran matematika sekolah dasar (2)mengetahui penyusunan instrumen penilaian psikomotor yang valid dan reliabel (3) mengetahui hasil implementasi menggunakan instrument yang telah disusun oleh peneliti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Wonosobo dengan siswa SD kelas enam sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data pengamatan menggunakan angket lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji validitas menggunakan korelasi Exploratory Factor Analisis (EFA) dan data dianalisis menggunakan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) penilaian aspek psikomotor di setiap sekolah berbeda karena belum ada instrumen penilaian psikomotor yang baku, valid dan reliabel, sekolah belum menggunakan teknologi lego untuk pembelajaran matematika, guru dominan menilai ranah kognitif dan menilai aspek psikomotor melalui pengamatan secara klasikal (2) peneliti telah menyusun instrument penilaian psikomotor yang valid dan reliabel terdiri dari 10 butir pernyataan. Uji validitas konstruk dengan analisis faktor tersebut bernilai KMO 0,616 0,5 , sig 0,000 0,05 dengan Initial Eigenvalues Commulative 61,% 62,508% dan terbentuk 4 faktor dan mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,624. (3) implementasi instrument ini menunjukan hasil bahwa kemampuan psikomotor siswa dalam kategori mulai terlihat dan berkembang.
Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SMK Negeri 1 Blora Tahun Pelajaran 2018/2019
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i1.36083

Abstract

Siswa yang masih dalam proses perkembangan sosio-emosional memiliki cara tersendiri dalam mengikuti proses pembelajran, tidak sembarangan model pembelajran bisa mereka terima. Pendidikan yang sangat penting demi mendidik dan mencedarkan bangsa perlu adanya inovasi model pembelajaran. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif dan data yang berbentuk kuantitatif dan kualitatif,  serta penulis juga menganalisis kasus dengan memperhatikan literatur dan bahan kajian sekunder lainnya yang mendukung dengan permasalahan yang diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan  SMK Negeri 1 Blora Tahun Pelajaran 2018-2019. Dari hasil pendlitian ini disimpulkan bahwa penggunaan TGT pada Mata Pelajaran PSPT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Klasifikasi Persuratan dengan Menggunakan Algoritma Decesion Tree di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i1.37192

Abstract

Penggunaan dokumentasi perkantoran yang meliputi dokumen kertas yang bersifat cetak dan file yang bersifat soft copy tentu membutuhkan ruang dan kapasitas guna penyimpanannya. Pemanfaatan system informasi surat dinas siradi di Universitas Negeri Semarang dan Arsip di UPT Kearsipan UNNES sangat membantu dalam mengadministrasikan dan penyimpanan. Setiap tahun ada ratusan surat dan dokumen arsip yang disimpan dalam bentuk cetak dan soft copy dan ini tentu memerlukan ruang penyimpanan dan kapasitas. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNNES sesuai dengan tugas pokoknya  mengadministrasi kegiatan diantaranya kegiatan Penelitian, Pengabdian, Kuliah Kerja Nyata, Jurnal, Buku, Kekayaan Intelektual dan dokumen Keuangan. Setiap tahun rata-rata mendokumentasi 6.000 laporan Kuliah Kerja Nyata dari mahasiswa, 450 laporan Proposal dan Laporan akhir Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat dan dokumen lainnya. Pengelolaan arsip yang sudah digital menarik untuk dikaji dan diolah sebagai mesin learning untuk menganalisis bagaimana model dan proses yang ada di arsip. Pengolahan data arsip ini dapat diolah dengan algoritma komputasi yang dapat dijadikan sebagai model penelitian ini. Model arsip yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan kategori surat dan jenis surat dapat diolah dalam mesin learning dan di analisa.
Pendidikan Keselamatan Melalui Penyusunan Surveilans Kesehatan Berbasis Sekolah (Sebagai Upaya Mitigasi Covid-19 di Sekolah)
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 39, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v39i1.37555

Abstract

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah level satu sampai dengan tiga, membuka kesempatan bagi satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan izin dari pemerintah daerah. Saat pemberlakukan pembelajaran tatap muka di Sekolah Dasar X telah ditemukan sebanyak 2 siswa positif Covid-19 yaitu siswa dikelas 1 dan 6. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian dan langkah penangan yang tepat agar tidak terjadi outbreak Covid-19 di sekolah tersebut. Penerapan pendidikan keselamatan melalui penyusunan sistem surveilans merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan di sekolah, sehingga deteksi dan kontak erat antar para siswa/staf (tracing) dapat dilakukan, kemudian dapat ditindaklanjuti dengan pemeriksaan secara akurat (testing) dan jika membutuhkan maka dapat dilakukan perawatan yang memadai (treatment) sesuai konsep 3T. Surveilans Covid-19 disekolah memiliki peran penting dalam mitigasi risiko Covid-19 khususnya saat pembelajaran tatap muka pada era tatanan baru (new normal). Tujuan penelitian untuk menghasilkan sistem surveilans Covid-19 berbasis sekolah dan mendapatkan gambaran hasil surveilans Covid-19 disekolah paska liburan panjang hari raya Idul Fitri 2022, dengan menggunakan design R D level 1. Surveilans yang dihasilkan terdiri dari empat bagian yaitu instrumen skrining surveilans bagi siswa dan staf sekolah, instrumen skrining surveilans 3T bagi siswa dan manajemen sekolah. Dari hasil implementasi surveilans dapat diketahui bahwa surveilans ini mampu laksana di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 40, No 2 (2023): October 2023 Vol 40, No 1 (2023): April 2023 Vol 39, No 2 (2022): October 2022 Vol 39, No 1 (2022): April 2022 Vol 38, No 2 (2021): October 2021 Vol 38, No 2 (2021): Oktober 2021 Vol 38, No 1 (2021): April 2021 Vol 37, No 2 (2020): October 2020 Vol 37, No 1 (2020): April 2020 Vol 36, No 2 (2019): Oktober 2019 Vol 36, No 2 (2019): October 2019 Vol 36, No 1 (2019): April 2019 Vol 35, No 2 (2018): Oktober 2018 Vol 35, No 2 (2018): October 2018 Vol 35, No 1 (2018): April 2018 Vol 34, No 2 (2017): Oktober 2017 Vol 34, No 2 (2017): October 2017 Vol 34, No 1 (2017): April 2017 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 2 (2016): October 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 32, No 2 (2015): October 2015 Vol 32, No 1 (2015): April 2015 Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 31, No 2 (2014): October 2014 Vol 31, No 1 (2014): April 2014 Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 30, No 2 (2013): October 2013 Vol 30, No 1 (2013): April 2013 Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 29, No 2 (2012): October 2012 Vol 29, No 1 (2012): April 2012 Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 28, No 2 (2011): October 2011 Vol 28, No 1 (2011): April 2011 Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 27, No 2 (2010): October 2010 Vol 27, No 1 (2010): April 2011 Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 1 (2010) Vol 27, No 1 (2010) More Issue